Memulai Bisnis Rumahan, Begini Cara Efektif Mengatur Waktunya

  • 2 min read
  • Nov 14, 2021
memulai bisnis rumahan

wordsxo – Hampir semua orang membutuhkan atau menginginkan penghasilan lebih dari bisnis rumahan. Masalahnya adalah hanya sedikit dari orang-orang ini yang tampaknya mampu memasukkan “pekerjaan kedua” ke dalam jadwal mereka sehari-hari.

Meskipun kebanyakan orang sibuk, tapi hampir selalu ada waktu untuk beberapa bentuk usaha penghasilan tambahan berbasis rumah.

Ini mungkin termasuk melepaskan atau mengubah beberapa kesenangan favorit Anda, seperti minum beberapa minuman dengan pria atau menonton TV, tetapi jika Anda berhasil dengan kegiatan penghasilan tambahan Anda, Anda akan memiliki waktu tak terbatas untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Mengatur Waktunya Buat Memulai

Merencanakan apa yang akan Anda capai dan kemudian melakukannya tanpa mundur adalah kunci manajemen waktu yang efektif. Mulailah dengan menyusun daftar tugas yang ingin Anda lakukan keesokan harinya sebelum tidur setiap malam.

Rencanakan perjalanan Anda ke supermarket atau tempat lain agar sesuai dengan jadwal Anda yang lainnya, serta perjalanan Anda ke dan dari tempat kerja. Rencanakan liburan Anda sehingga Anda dapat mengurus sebanyak mungkin hal saat Anda jauh dari rumah.

Lihatlah berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan smarthphone, dan hentikan apa pun yang tidak bermanfaat  buat Anda.

Atur jumlah waktu  untuk melakukan tugas apa pun yang Anda kerjakan di rumah. Misalnya, mendedikasikan hanya satu jam setiap hari untuk pekerjaan menata pekarangan. Jangan mencoba menyelesaikan pekerjaan selama seminggu dalam satu waktu.

Lakukan secara bertahap, atau satu kegiatan tertentu setiap hari, entah itu mengecat rumah Anda, memperbaiki keran yang bocor, atau memotong rumput halaman Anda, dan Anda akan terkejut melihat seberapa jauh Anda telah melangkah.

Pada hari Anda menerima surat tagihan, selesaikan urusan tersebut. Membiarkan tagihan dan surat Anda menumpuk bukanlah ide yang baik. Jika Anda tidak dapat segera membayar tagihan, arsipkan di tempat yang mudah terlihat dan tulis tanggal Anda akan membayarnya di amplop. 

Anda akan memiliki banyak “waktu luang” untuk menangani hampir semua jenis yang menghasilkan pendapatan begitu Anda mulai membuat daftar dan merencanakan apa yang ingin Anda lakukan, dan kemudian melaksanakan rencana Anda. 

Orang mungkin tidak menyukai rutinitas dan jadwal secara umum, tetapi tanpa beberapa bentuk rencana untuk apa yang perlu dilakukan, semua akan kacau balau. Tujuan dari undang-undang, peraturan, dan peraturan adalah untuk membimbing orang. Kita mengikuti seperangkat aturan atau cara hidup, dan semakin kita bisa mengatur diri sendiri, kita akan semakin produktif dan bahagia.

Semua orang yang sukses secara finansial memiliki satu kesamaan: mereka terorganisir dengan baik dan tidak menyia-nyiakan waktu. Pertimbangkan itu sejenak. Periksa rutinitas harian Anda dan lihat apakah Anda dapat meluangkan beberapa jam setiap hari untuk aktivitas yang lebih produktif.

Ketika Anda pertama kali mulai merencanakan, dan kemudian ketika Anda benar-benar mulai mengerjakan pekerjaan yang menghasilkan pendapatan tambahan, Anda harus mengaturnya dengan cara yang sama seperti Anda melakukan aktivitas rutin sehari-hari—berdasarkan waktu.

Lakukan apa yang perlu dilakukan sekarang. Jangan mencoba untuk menyelesaikan sesuatu dalam satu jam yang akan memakan waktu seminggu untuk menyelesaikannya. Rencanakan apa yang perlu Anda lakukan, apa yang ingin Anda capai, dan kapan Anda akan melakukannya di atas kertas. Kemudian, tanpa penundaan, mulailah mengerjakan setiap pekerjaan.

Terakhir, dan yang paling penting, ingatlah untuk menjadwalkan waktu untuk relaksasi sambil merencanakan waktu dan bisnis Anda. Pastikan Anda menyisihkan waktu untuk Anda dan pasangan untuk menghabiskan waktu bersama. Anda tidak boleh menjadi terlalu sibuk dengan diri sendiri sehingga Anda mengabaikan orang lain, terutama orang yang Anda cintai.

Ini semua tentang menghitung berapa banyak waktu yang Anda sia-siakan setiap hari dan kemudian merestrukturisasi aktivitas Anda dari sana. Ini hanya masalah meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda.

Ini mudah dilakukan, dan Anda tidak hanya akan menyelesaikan lebih banyak hal, tetapi Anda juga akan merasa lebih puas dalam hidup Anda.